CARA PENGGUNAAN RUMUS HLOOKUP DAN VLOOKUP PADA MICROSOFT EXCEL

Cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup  

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). 

Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) atau bisa juga dibaca =HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris).

Contoh Soal VLOOKUP dan HLOOKUP
Bukalah ms. office excel anda lalu ketikkan soal di bawah ini :


1. Buatlah tabel dengan keterangan No,Angka,Huruf,Bobot dan kemudian isi dengan data data yang ada

 2. Kemudian bikin tabel data yang sesuai dengan aturan atau yang tidak bisa diubah-ubah untuk menjadi patokan data

3. langkah ketiga Untuk menghitung nilai yang sesuai data gunakan fungsi vlookup di sel C3. Setelah mengisi formula disel C3, copy formula atau drag hingga sel C22. Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).

Catatan: karena posisi “tabel huruf” yang akan dibaca diposisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range. Proses pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini :


4.Menghitung Bobot
Untuk menghitung bobot gunakan fungsi VLOOKUP di sel D3. Setelah mengisi formula di sel D3, copy formula atau drag hingga sel D22. Seperti gambar di bawah ini:


5. Yang kelima fungsi HLOOKUP diharuskan mengganti tabel vertikal menjadi horizontal dengan cara berikut ini





6. Buatlah tabel dengan keterangan No,Angka,Huruf,Bobot dan kemudian isi dengan data data yang ada. Untuk menghitung nilai yang sesuai data gunakan fungsi vlookup di sel C3. Setelah mengisi formula disel C3, copy formula atau drag hingga sel C22. Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =HLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).
7..Menghitung Bobot
Untuk menghitung bobot gunakan fungsi VLOOKUP di sel D3. Setelah mengisi formula di sel D3, copy formula atau drag hingga sel D22. Seperti gambar di bawah ini:


Studi Kasus

1. Menghitung Gaji pokok
Untuk menghitung gaji pokok gunakan fungsi vlookup di sel D3. Setelah mengisi formula disel D3, copy formula atau drag hingga sel D7. Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).
Yang perlu anda ketahui lookup_value, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun tegak atau vertikal yang berfungsi sebagai tabel bantu yang akan dibaca. Col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri.

Catatan: karena posisi “tabel gaji” yang akan dibaca diposisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range. Proses pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini :


2. Menghitung Tunjangan
Untuk menghitung tunjangan gunakan fungsi VLOOKUP di sel E3. Setelah mengisi formula di sel E3, copy formula atau drag hingga sel E7. Seperti gambar di bawah ini:



4.Menghitung transportasi
Gunakan fungsi VLOOKUP di sel F3. Setelah mengisi formula di sel F3, copy formula atau drag hingga sel F7. Lihat gambar di bawah ini, untuk hasilnya:



5. Menghitung total gaji
Untuk menghitung total gaji gunakan fungsi SUM di sel G3, penulisan rumusnya =SUM(D3:F3). Setelah mengisi formula di sel G3, copy formula atau drag hingga sel G9. Atau bisa juga dengan langsung menjumlahkannya di sel G3 menjadi seperti ini: =SUM(D3+E3+F3), kemudian copy ke bawah.

6. Menghitung Pajak
Untuk menghitung pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel H3, copy formula atau drag hingga sel H3. supaya gampang bikin tabel bantuan umtuk tinggal menkali kan sel bantuan dan total gaji  Seperti gambar di bawah ini. 




7. setelah adanya hasil pajak yaitu gaji bersih ,Menghitung Gaji Bersih
Gunakan fungi SUM di sel I3 seperti ini =sum(G3-H3), copy formula atau drag hingga sel I7. Atau anda juga bisa gunakan perintah =G3-H3, kemudian copy atau drag ke bawah sampai sel I7.


 Selesai













































































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bermain Hitungan Excel

Masukan Data Berbasis GUI Pada Microsoft Excel