Tata Cara Membuat Nota Penjualan Di Excel Dengan Rumus Yang ada


Apa Itu Nota Penjualan?



Nota merupakan sebuah dokumen tertulis yang mana digunakan untuk pembelian ataupun penjualan di dalam sebuah bisnis. Nota Penjualan itu adalah bukti transaksi yang dilakukan antara pihak penjual dan pembeli sedangkan Nota Pembelian dibuat oleh pihak penjual setelah menerima bahan baku dari pihak pemasok (supplier).
Biasanya, nota dikeluarkan dalam bentuk 2 rangkap, yang mana satu untuk pihak pertama (penjual) dan lainnya untuk pihak kedua (pembeli ataupun pemasok). Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahpahaman yang terjadi apabila nantinya produk akan dikirimkan.
Dalam bisnis, nota biasa juga disebut sebagai Invoice atau Faktur. Yang paling terpenting, dokumen tertulis ini harus diberikan sebelum produk diberikan agar pihak kedua bisa mengetahui berapa total pembayaran yang harus lunasi. Jangan lupa untuk memberikan tenggat waktu batas akhir.

Fungsi Nota Penjualan



Aplikasi Stok Barang
Penggunaan Nota Penjualan bukan semata hanya untuk formalitas. Sebab, dokumen ini akan sangat berguna apabila kamu sedang melakukan rekap Laporan Keuangan. Selain itu, ada beberapa fungsi lainnya yang harus kamu ketahui tentang dokumen ini.
1. Mengetahui berapa banyak produk yang dikirimkan ke pelanggan.
2. Memperlihatkan total atau jumlah produk yang harus dibayarkan.
3. Sebagai “pengingat” agar pembeli membayarkan tagihannya tepat waktu.
4. Tanda terima jika ada transaksi di antara kedua pihak (penjual dan pembeli).
5. Masuk ke dalam Laporan Keuangan sebagai bukti transaksi.

Langkah membuat nota penjualan di excel
Langkah pertama untuk membuat nota penjualan dengan Excel ini, ialah tabel seperti yang tertera pada gambar dibawah ini, yang dimana ada Nomer transaksi, tanggal, nama yang membeli, Nama barang, banyaknya barang yang dibeli, harga barang, dan jumlah harga dan tanda terima.


   Langkah kedua yaitu isi tanggal sekarang dengan rumus  =TODAY() seperti berikut :



  Langkah ketiga Kemudian isi nomer nota, nama pembeli dan alamat seperti dibawah ini




 langkah keempat isi nama barang apa aja yang di beli oleh konsumen 





Langkah Kelima yaitu isi kolom bantuan untuk memudahkan dalam menentukan harga


Langkah Keenam yaitu isi harga satuan barang tersebut dengan cara dibagian atas klik number lalu pilih acounting dan pilih Rp. seperti di bawah ini 


 Langkah Ketujuh bila ingin membuat Rp nya ada spasi memakai cara dibawah ini



 Langkah kedelapan isi nama barang apa aja yang di beli oleh konsumen dan jumlah barang dengan rumus = klik Bantuan &”Buah” selanjutnya seperti itu contoh dibawah ini





langah kesembilan yaitu jika ingin mengali dengan jumlah barang yang dibeli dan harga nya memakai rumus = bantuan * harga


langkah Kesepuluh yaitu jika ingin menjumlah harga barang yang dibeli yaitu dengan cara =SUM()


Langkah kesebelas yaitu kalau sudah selesai kolom bantuan bisa disembunyikan dengan cara 



Langkah  Terakhir yaitu tinggal isi Tanda Terima nya siapa dan atas nama hormat siapa 



TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA :))))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bermain Hitungan Excel

Masukan Data Berbasis GUI Pada Microsoft Excel