Tata Cara Membuat Nota Penjualan Di Excel Dengan Rumus Yang ada
Apa Itu Nota Penjualan?
Nota merupakan sebuah dokumen tertulis yang mana digunakan untuk pembelian
ataupun penjualan di dalam sebuah bisnis. Nota Penjualan itu adalah bukti
transaksi yang dilakukan antara pihak penjual dan pembeli sedangkan Nota
Pembelian dibuat oleh pihak penjual setelah menerima bahan baku dari pihak
pemasok (supplier).
Biasanya,
nota dikeluarkan dalam bentuk 2 rangkap, yang mana satu untuk pihak pertama
(penjual) dan lainnya untuk pihak kedua (pembeli ataupun pemasok). Hal ini
dilakukan untuk mencegah kesalahpahaman yang terjadi apabila nantinya produk
akan dikirimkan.
Dalam
bisnis, nota biasa juga disebut sebagai Invoice atau Faktur. Yang paling
terpenting, dokumen tertulis ini harus diberikan sebelum produk diberikan agar
pihak kedua bisa mengetahui berapa total pembayaran yang harus lunasi. Jangan
lupa untuk memberikan tenggat waktu batas akhir.
Fungsi Nota Penjualan
Aplikasi
Stok Barang
Penggunaan
Nota Penjualan bukan semata hanya untuk formalitas. Sebab, dokumen ini akan
sangat berguna apabila kamu sedang melakukan rekap Laporan Keuangan. Selain
itu, ada beberapa fungsi lainnya yang harus kamu ketahui tentang dokumen ini.
1.
Mengetahui berapa banyak produk yang dikirimkan ke pelanggan.
2. Memperlihatkan total atau jumlah produk yang harus dibayarkan.
3. Sebagai “pengingat” agar pembeli membayarkan tagihannya tepat waktu.
4. Tanda terima jika ada transaksi di antara kedua pihak (penjual dan pembeli).
5. Masuk ke dalam Laporan Keuangan sebagai bukti transaksi.
2. Memperlihatkan total atau jumlah produk yang harus dibayarkan.
3. Sebagai “pengingat” agar pembeli membayarkan tagihannya tepat waktu.
4. Tanda terima jika ada transaksi di antara kedua pihak (penjual dan pembeli).
5. Masuk ke dalam Laporan Keuangan sebagai bukti transaksi.
Langkah membuat nota penjualan di excel
Langkah pertama untuk membuat nota penjualan dengan Excel ini, ialah tabel seperti yang tertera pada gambar dibawah ini, yang dimana ada Nomer transaksi, tanggal, nama yang membeli, Nama barang, banyaknya barang yang dibeli, harga barang, dan jumlah harga dan tanda terima.
Langkah kedua yaitu isi tanggal sekarang dengan rumus =TODAY() seperti berikut :
Langkah ketiga Kemudian isi nomer nota, nama pembeli dan alamat seperti dibawah ini
langkah keempat isi nama barang apa aja yang di beli oleh konsumen
Langkah Kelima yaitu isi kolom bantuan untuk memudahkan dalam menentukan harga
Langkah Keenam yaitu isi harga satuan barang tersebut dengan cara dibagian atas klik number lalu pilih acounting dan pilih Rp. seperti di bawah ini
Langkah Ketujuh bila ingin membuat Rp nya ada spasi memakai cara dibawah ini
Langkah kedelapan isi nama barang apa aja yang di beli oleh konsumen dan jumlah barang dengan rumus = klik Bantuan &”Buah” selanjutnya seperti itu contoh dibawah ini
langah kesembilan yaitu jika ingin mengali dengan jumlah barang yang dibeli dan harga nya memakai rumus = bantuan * harga
langkah Kesepuluh yaitu jika ingin menjumlah harga barang yang dibeli yaitu dengan cara =SUM()
Langkah kesebelas yaitu kalau sudah selesai kolom bantuan bisa disembunyikan dengan cara
Langkah Terakhir yaitu tinggal isi Tanda Terima nya siapa dan atas nama hormat siapa
TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOGGER SAYA :))))
Komentar
Posting Komentar